Rabu, 22 Maret 2023

Satu diantara Beberapa Fadhilah Puasa

 PUASA ADALAH PERISAI BAGI SEORANG MUSLIM


Rasulullah SAW bersabda bahwa diantara Keutamaan puasa adalah sebagai perisai, yakni alat untuk melindungi diri dari serangan musuh atau apa saja yang mengancam.

الصِّيَامُ جُنَّةٌ

Artinya: Puasa adalah perisai. (HR. Bukhari dan Muslim).

Kenapa Puasa dikatakan sebagai perisai ?

Hal ini dikarenakan, jika seseorang berpuasa maka pasti ia akan menjanga dari berkata-kata kotor dan perberbuatan bodoh, misalnya menggosip alias ngerumpi baik secara luring ataupun daring, mengumpat karena kemacetan dijalan, atau melakukan kecurangan dalam transaksi jual beli dan tentu masih banyak contoh-contoh lainya.

Bahkan dengan kita berpuasa gejolak nafsu liar pun bisa teratasi, seperti yang Nabi saw nasihatkan kepada para pemuda yang belum mampu menikah, beliau bersabda:

وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

Artinya: Siapa saja yang belum mampu menikah maka hendaklah berpuasa, karena puasa itu akan menjadi perisai baginya dari kemaksiatan. (HR. Bukhari).

Puasa juga menjadi perisai di akhirat karena bisa menghalangi dari siksa api neraka. Nabi saw bersabda.

إِنَّمَا الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ

Artinya: Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari siksa neraka. (HR. Ahmad).

Hadits-hadits diatas dengan jelas menjamin bahwa orang yang berpuasa akan menpunyai perisai yang bisa membentengi dirinya dari kemaksiatan dan jilatan api neraka.

 

 


1 komentar:

Golongan Orang Yang Berhak Menerima Zakat

Zakat adalah mengeluarkan sejumlah harta tertentu untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan syarat-syarat yang telah...