Kamis, 13 April 2023

7 POINT DOA SELAMAT SEBAGAI AKSI DALAM UPAYA MEMAKMURKAN MASJID

 

Masjid merupakan tempat yang paling sakral bagi umat Islam. kenapa ? karena masjid adalah tempat ibadah seluruh umat Islam. Selain difungsikan sebagai tempat ibadah, masjid juga digunakan untuk kegiatan sosial, dakwah, dan belajar agama.

Dalam hal pengaplikasian fungsi masjid terdapat tujuh aksi program memakmurkan masjid sesuai dengan doa selamat yaitu :

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةًقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Aksi yang Pertama ( سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ )

Artinya kita harus menjadikan masjid sebagai tempat gerakan pemeliharaan aqidah umat Islam Ahlu sunnah wal Jama’ah sesuai dengan sunnah Rasulullah.     Hal nyata yang bisa kita lakukan adalah shalat berjamaah dan mendata jamaah, mempersatukan mereka, mengadakan pelatihan, pengajian Al-Quran, kajian, dan sebagainya,

Aksi yang kedua (  وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِ )

Maksudnya adalah kita jadikan masjid sebagai tempat gerakan pelayanan kesehatan umat. Misalnya kerja sama dengan dinas kesehatan atau Puskemas, mendirikan rumah sehat dan menyelenggarakan gerakan kebersihan masjid dan lingkungan sekitar.

Aksi yang ketiga ( وَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ )

Maksudnya adalah menjadikan masjid sebagai tempat gerakan peningkatan SDM jamaah masjid di bidang keilmuan dan keterampilan.   Misalnya pelatihan kaderisasi dan kepemimpinan remaja masjid, menyelenggarakan bimbingan belajar pura putri jamaah masjid untuk keterampilan belajar.

Aksi yang keempat ( وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ )

Maksudnya adalah menjadikan masjid sebagai pusat gerakan pemberdayaan ekonomi umat. Misalnya membuat lembaga seperti, UPZIS atau membangun kewirausahaan masjid.

Aksi yang Kelima ( وَتَوْبَةًقَبْلَ الْمَوْتِ )

Maksudnya adalah menjadikan masjid sebagai pusat gerakan dakwah mengajak dan menyadarkan orang Islam yang belum menjalankan syariat dan dakwah sebagai tempat kembali kepada Allah SWT,”

Aksi yang keenam ( وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ )

Maksudnya adalah Menjadikan masjid sebagai pusat gerakan kepedualian social. Misalnya, menjenguk dan mengantar jamaah yang sakit, pelatihan pemulasaran jenazah atau fardhu kifayah, menyediakan kain kafan, membimbing orang yg sakaratul maut, menolong orang yang terkena bencana, dan sejenisnya,

Aksi yang ketujuh (  وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ )

Maksudnya adalah menjadikan masjid sebagai tempat berdoa dan mendoakan orang yang telah meninggal dunia antara lain tahlilan dan yasinan, ratiban dhibaan, istighotsah dan lailatul ijtima dal lain sebagainya.

Kesimpulanya Fungsi masjid pada dasarnya bukan sekedar tempat untuk beribadah tapi lebih dari itu masjid juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat kegiatan sosial, dakwah, dan belajar agama dan lain-lain. Seandainya fungsi masjid dapat dimanfaatkan dengan maksimal maka kebutuhan jamaah terkait kebutuhan sosia, pendidikan, ekonomi tentu akan dapat terpenuhi.

Sumber:

https://islam.nu.or.id/ubudiyah/ini-cara-memakmurkan-masjid-L2prc

https://islam.nu.or.id/ubudiyah/keutamaan-membangun-masjid-0exLh

https://www.nu.or.id/nasional/tujuh-program-untuk-memakmurkan-masjid-zNSBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Golongan Orang Yang Berhak Menerima Zakat

Zakat adalah mengeluarkan sejumlah harta tertentu untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan syarat-syarat yang telah...