Rabu, 12 April 2023

BAGAIMANA SIKAP SEORANG ANAK TERHADAP ORANG TUANYA DALAM PANDANGAN AL QUR'AN

 

Orang tua adalah sosok pelindung bagi kita, orang tua adalah sosok pahlawan yang sejati bagi kita, orang tua adalah kunci untuk menuju surga, Orang tua adalah sosok yang akan melakukan apapun demi kebahagiaan anak-anaknya. Oleh sebab itu kita sebagai anak wajib hukumnya untuk selalu menghormati, berbakti, mengabdikan diri kepada kedua orang tua kita. Dalan Al Qur’an Allah beberapa kali menyinggung bagaimana seharusnya sikap seorang anak terhadap kedua orang tuanya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman

  وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Artinya: “Dan kalian sembahlah Allah dan jangan kalian sekutukan Ia dengan apa pun, dan dengan bersikap baik kepada kedua orang tua.” (QS An-Nisa’: 36) 

Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surat yang QS Luqman: 41 yang berbunyi:

  أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ

Artinya: “Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu.” (QS Luqman: 41)

Tidak sampai disitu, dalam surat lain Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

  وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS Al-Isra’: 23) 

Dari 3 ayat diatas kita bisa simpulkan bahwa seorang anak harus ber tutur kata dengan sopan dan selalu berbuat baik kepada kedua orang tuanya.

Bahkan ketika orang tua sudah dalam keadaan tua renta, pikun, ling-lung, dan mungkin ada yang hanya bisa terbaring lemas di tempat tidur, Allah subhanahu wa ta’ala melarang anak berkata kasar meskipun sedikit saja dengan kalimat “hus atau Ahh” misalnya, atau bahkan membentak sampai menyakiti hatinya tentu hal ini sangat dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman



 

إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Artinya: "Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS Al-Isra’: 23)

Dengan demikian, sebagai seorang anak kita harus berbuat baik kepada mereka dengan cara berbicara yang halus, baik, dan tidak menyakiti hatinya.

 
Sumber: 

https://islam.nu.or.id/ubudiyah/cara-berbakti-pada-orang-tua-yang-masih-hidup-mYBed

https://jabar.nu.or.id/ubudiyah/cara-berbakti-kepada-orang-tua-yang-sudah-meninggal-dunia-u0MG4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Golongan Orang Yang Berhak Menerima Zakat

Zakat adalah mengeluarkan sejumlah harta tertentu untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan syarat-syarat yang telah...