Rabu, 29 Maret 2023

TIPS MENGGAPAI KEBERKAHAN DALAM HAL RIZKI

 Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang berkah/ Barokah. Berkah/Barokah itu ziyadatul Khair (bertambahnya kebaikan), artinya sesuatu yang kita lakukan dan yakini menghasilkan kebaikan maka termasuk berkah/ barokah. Disini kami akan mengkhususkan keberkahan dari rizki. Adapun tips untuk mendapatkanya yang pertama dengan memperbanyak memohon ampunan kepada allah SWT. Allah SWT berfirman.

فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا

يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا
وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا



Artinya: maka aku berkata (kepada mereka), "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu."


Berdasarkan ayat diatas permohonan ampun seseorang kepada Allah SWT, bukan hanya mendapatkan ampunan dari Allah Namun lebih dari itu Allah juga akan mempermudah jalan rezeki kita.

   

kedua adalah bertakwa, yakni melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surah Ath- Thalaq:3 

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

 

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, Allah akan mudahkan segala urusannya, dan Allah akan berikan rezeki, rezeki yang tidak disangka-sangka,”   

Ketiga, adalah tawakal, artinya berusaha semaksimal mungkin dalam mencari rezeki. Kemudian hasilnya diserahkan kepada Allah. Hal ini sesuai dengan firman Allah, surah Ath- Thalaq:3

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka Allah akan mencukupi kebutuhannya.

Keempat, bersyukur. Hal ini sesuai dengan firman Allah, dalam surah Ibrahim :7

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

barangsiapa yang bersyukur kepada nikmat yang diberikan, maka Allah akan menambahkannya. Sebaliknya, kalau kufur nikmat, akan mendapatkan azab Allah, tak hanya di akhirat, tapi juga di dunia.   

Kelima, bersedekah. rumus dalam bersedekah bukan untuk mengurangi rezeki, tapi justru semakin membuka pintu rezeki dari mana saja tanpa berpeluh keringat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.(HR.Muslim)

Yahya bin Syarf An Nawawi rahimahullah menjelaskan:

1.   Ketika kita bersedekah maka Harta kita akan diberkahi dan akan dihilangkan berbagai dampak bahaya.

2.   Kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan keberkahannya. Ini bisa dirasakan secara inderawi dan kebiasaan. Walaupun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak semisal nikmat sehat karena melihat saudara kita bahagia lantaran sedekah dari kita

 

 

Sumber https://rumaysho.com/828-sedekah-tidaklah-mengurangi-harta.html

Sumber: https://www.nu.or.id/nasional/lima-tips-dapatkan-rezeki-berkah-dunia-akhirat-LYMyh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Golongan Orang Yang Berhak Menerima Zakat

Zakat adalah mengeluarkan sejumlah harta tertentu untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan syarat-syarat yang telah...